Friday, April 19, 2013

Membangun Tim

Leave a Comment
keterampilan yang diperlukan membangun tim

>kesadaran untuk mengembangkan kelompok
>kelasifikasi peran
>pemecahhan masalah
>konsensun dalam mengambil keputusan
>mengatasi konflik
>evaluasi hasil

menjadi pemimpin yang effektif

 konsep kepemimpinna dalam sebuah tim telah berubah, karena pemimpin tidak lagi mempunyai anggota tim yang berada di suatu ruangan dalam waktu bersamaan. mereka tersebaru di mana - mana, ditugaskan di departemen yang berbeda bahkan berberapa di lintas perbatasan, mereka di tugaskan untuk bekerja bersama - sama dalam sebuah proyek tertentu karena kemampuan masing-masing dan keahlian yang bermacam - macam

menetapkan tujuan yang jelas(visi dan misi) sebelum rembuk
setelah pembentukan tim selesai dilakukan, tetapkan tdulu tujuan yang jelas tanpa tujuan yang jelas maka akan sulit menemukan tim yang baik dengan skill yang tepat. hati-hati jangan menunjuk orang dalam sebuah tim berdasarkan perasaan semata. gunakan setrategi untuk membuat tim anda berasil. sebaiknya buatlah daftar keterampilan atau skilll apa saja yang dibutuhkan tim anda

ciptakan kebudayaan inklusivitas atau keragaman.

seorang pemimpin harus bisa mengembangkan budaya menerima ketajamana ide dan argumen, bukan ego dominan yang menjadi prioritas. masing masing individu harus diberkan kesemptan untuk menyampaikan pandangan mereka, berdasarkan skill dan kompetensiyang mereka punya. sehingga semua anggota tim mempunyai hak yang sama untuk mencapai tujuan tim. pemimpin juga perlu mengakui tidak semua tantangan harus di pikirkan sendiri, berikan kesempatan kepada yang lain agar tugas yang rumit dapat di selesaikan bersama.

selesaikan konflik yang ada dalam kelompok
tim anda terdiri dari berberapa orang yang mempunyai kepribadian dan keterampilan yang berbeda", saat ide-ide ulai bersebrangan maka konflik cepat atau lambat akan muncul. tahapan ini memang tidak menyenangkan bahkan menyakitkan apalagi bagi tim yang belum terbiasa dengan konflik namun perlu di ingat konflik dapat memacu

jaga semangat tim anda dan hargai usaha mereka
karena semua orang memandang anda sebagai pemimpin, berikanlah telandan menyenangkan untuk mereka, rangkulan anggota tim anda dan libatkan diri anda dalam pekerjaan mereka, karena juka anda tidak melibatkan diri anda ke dalam tim, maka tim akan kehilangan motivasi. motivasi anda sangat dibuthkan luangkan waktu untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan tim dan apa yang tidak gunakan kesempatan ini untuk mengenal dan menghargai.

biarkan tim mandiri
kunci bawaha sebuat tim bekerja adalah ketika semua anggota bisa berkolaborasi menjadi sebuah unit atau kelompok yang saling membatu untuk mencapai tujuan. walaputn tetap dibutuhkan pengawasan, namun percayalah lama-kelamaan semua rekan ttima akan mengetahui kekuatan dan kelemahan
dari masing masing anggota, dan mereka mampu menerima itu sebagai bagian dari dinamika kelompok, peranan individu akan sangat berpengaruh dalam pengembangan tim tersebut untuk itu pada akhirnya tim harus bisa mandiri, dengan ada atau tidaknya anda.

/karakteristik dari suatu kelompok/ tim

a. harus memiliki tujuan bersama yang jelas
b harus ada kerjasama untuk mencapai tujuan, maksud dari dibentuknya sebuah tim  adalah salah satunya untuk memudahkan suatu program atau organisasi dalam menggapai suatu tujuan tertentu . oleh karena itu tujuan dan kerja sama dalam sebuah tim sangatlah penting dan menjadi ciri dari karakteristik dari sebuah tim itu sendiri.

ada tuju karakteristik yang dimiliki oleh tim yang berkinerja tinggi disingkat PERFORM menurut blanchart (2007):
purporse dan values.
Empowerment
Realitionsip and communication
Flexibility
Optimal productivitiy
recognition and appreciation
morale

membangun tim yang effektif

ada 12 strategi membangun tim yang kreatif
ekspektasi
konteks
komitment
kompetensi
hak
kontrol
kolaorasi
komunikasi
inovasi kratif
konsekuensi
kordinasi
peruahan budya

ekspektasai yang jelas

sudahkan pemimpin eksekutf mengkomunikasikan harapan untuk kinetja tim dan hasil yang di inginkan? apakah anggota tim memahami mengapa dibentuk tim apakan organisasi menunjukan tujuna yang konstan dalam mendukung tim dengan sumber manusia. waktu dan uang ? apakah pekerjaan tim menerima penekanan yang memadai seperti diarahkan pemimpin eksekutif?

konteks
apakah anggota tim memahami mengapa mereka berpartisipasi dalam tim? apakah mereka memahami strategi tim akan  membantu organisasi mencapai tujuan bisnis seperti yang dikomunikasikan bisakah anggota tim menentukan pengtingnya pencapaian tujuan perusahaan? apakah tim memahami dimana pekerjaan yang sesuai dalam konteks keseluruhan dari tujuan visi dan nilai organisasi?

komitmen

apakah anggota ingin berpartisipasi dalam tim? apakah anggota tim merasa misi tim adalah hal penting dan memiliki komitment untuk menyelesaikan? apakah anggota tim menganggap jasa mereka sama berharganya seperti organisasi dan karir mereka sendiri?

kompetensi
apakah tim merasa bahwa memiliki orang yang tepat untuk berpartisipasi apakah tim merasa bahawa anggota memiliki pengetahuan keterampilan dan kapasitas untuk menangani isu dimana tim dibentuk? jika tidak apakah tim memiliki akses mendapatkan bantuan yang dibutuhan? apakah tim merasa memiliki sumber

hak

kontrol
apakah tim memiliki kebebasan dan batasan memberi wewenang untuk menyelesaikan tugasnya? seberapa jauh anggota dapat memberikan kontribusi






0 comments:

Post a Comment