perencanaan strategis meruapakan proses manajerial untuk menghasilkan dan mempertahankan kesesuaian antara sasaran dan sumberdaya organisasi dengan peluang pasar yang timbul
konsep portofolio bisnis dilakukan dengan matriks
matriks general electric menggunakan dua dimensi penting yaitu market atractiveness(daya tarik pasar) dan competitive position
matriks product life cycle menggunakan fase fase yang dikelopokan menjadi pase introduction, fase growth, fase maturity dan fase decline
Menurut Gary Hamel, untuk menjadi Revusioner industry, atau dapat membuat aturan permainan baru di era sulit atau era revolusi ini, kita harus menciptakan konsep bisnis beserta komponen-komponennya. Ada 4 komponen konsep bisnis di era revolusioner ini…
1. Komponen pertama dari konsep bisnis adalah strategi inti (Core Strategy) yang merupakan inti dari bagaimana suatu perusahaan memilih cara berkopetisi. Unsure-unsur dari Strategi inti meliputi visi dan misi bisnis. Visi Bisnis merupakan apa yang diinginkan perusahaan yang bersifat ideal dan Misi Bisnis merupakan operasionalisasi dari visi bisnis. Visi dan Bisnis ini akan mengarah pada pernyataan nilai, kehendak Strategi, tujuan dan sasaran yang besar, banyak dan berani serta semua sasaran kinerja. Visi dan Misi bisnis ini untuk member arah dan seperangakat kritirea untuk mengukur kemajuan yang dicapai.Sebagai Contoh Google™ dan YAHoo!.
· Misi dari Google™ Mengorganisasi Informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan digunakan secara universal. Misi yang kanya dengan modal spiritual tersebut menjadikan Google dapat meledak penjualan iklannya. Dari modal 0.1 juta dolar Amerika pada 1998 meledak pada maret 2007 dengan pendapatan mencapai 3,66 milyar dolar Amerika Serikat.
· Misi dari YAHoo! Adalah Menghubungkan orang dengan keinginan yang besar mereka, komunitas mereka dan pengetahuan dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo dengan modal yang relative kecil pada 1994. Sekarang perusahaan tersebut telah meledak dengan perolehan pendapatan 6,426 milyar dolar Amerika Serikat pada tahun 2006.
2. Komponen kedua adalah sumberdaya setrategis yang terdiri dari kompetisi inti, asset-aset strategis dan proses inti. Sumberdaya strategis bersifat spesifik dan unik, dapat mengubah secara dramatis sumberdaya kompetisi menjadi sumber inovasi konsep bisnis. Kompetisi ini merupakan sesuatu keunggulan yang dimiliki perusahaan dan mampu memberikan keterampilan yang unik contohnya: www.amazon.com yang mempunyai sebuah paten technology One-Click dan mempunyai merek yang sangat kuat yang merupakan Satu di antara kualitas kompetisi intinya.
3. Komponen ketiga perantara pelanggan (Customer Interfrace) mempunyai 4 elemen, yaitu: dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamika hubungan dan struktur harga. Haley Davidson merupakan perusahaan yang mampu membangun hubungan sejati dengan pelanggannya.
4. Sedangkan komponen keempat dari model bisnis adalah jaringan nilai yang mengelilingi perusahaan yang memperkuat dan melengkapi sumberdaya yang dimiliki perusahaan. CISKO dan NOKIA menggunakan jaringan pemasok mereka sebagai cara untuk mengurangi modal kerja dan meningkatkan fleksibilitas secara dramatis…..
analisa struktur, pasar dan prilaku
pengertian pasar dan prilaku konsumen
proses keputusan pembeli terdiri dari pengenalan kebutuhan pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembeli dan prilaku setelah membeli
prilaku pasar organisasional
proses pembelian terdiri dari hahapan: pengenalan masalah perumusan kebutuhan umum, spesifikasi produk, pencari pemasok, permintaan pengajuan proposal, pemilikan pemasok, spesifikasi rutinitas pesanan dan penilaian kinerja
matriks BCG
matriks BCG mendasarkan pada market share dan market growth rate
matriks anshoff
Popular Posts
-
apa perbedaan antara ajaran moral dan etika? ajaran moral adalah petuah, ajaran wejangan etiket(sopan - santun) mengenai bagaimana manusia ...
-
kewajiban sadar dan tanggung jawab mengandaikan kebebasan disini artinya adalah karena saya memiliki kebebasan maka saya dapat di bebani kew...
-
proses dalam desain database Analisis Prasyarat analisis itu berguna untuk memahami dan mengetahui data yang har...
-
bahasa basis data dbms adalah merupakan perantara bagi pemakai dengan basis data dalam disk( cara berkomunikasi sudah di atur dalam baha...
-
NOTASI YANG DINYATAKAN DENGAN PSEUDO CODE Pseudo-code adalah kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan car...
-
definisi organisme adalah kumpulan molekul molekul yang memiliki sifat hidup atom --> molekul or senyawa --> organel ---> Cell ...
-
kekuasaan (wewenang) dan tanggung jawab setiap pimpinan dalam suatu badan tertentu harus memiliki hak dan tanggung jawab disiplin disip...
-
pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan ...
-
Sistem Ekonomi Terdapat tiga jenis sistem ekonomi yaitu kapitalis, sosialis, dan campuran. klasifikasi ini didasarkan pada metode mengalok...
-
normalisasi merupakan sebuah teknik dalam logical design sebuah basis data yang mengelompokan attribut dari suatu relasi sehingga membentuk ...
Labels
- Basis data (1)
- pemrograman (3)
- Software (1)
0 comments:
Post a Comment