Friday, May 17, 2013

Pengertian pemasaran

Leave a Comment
pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang -barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

menurut W Stanton Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Menurut Philip kotler(Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Diskusi Philip kotler dan amstrong Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Jenis-jenis pasar

Jenis pasar menurut bentuknya kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata dan pasar abstrak yang tidak nyata.


konsep pemasaran
konsep inti pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan, permintaanm prodiksi, utilitas, nilai dan kepuasan.
pertukaran transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.

kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakan ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan - kebutuhan yang lebih mendalam. sedangkan permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang spesifik yang di dukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

konsep inti pemasaran

pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang merekabutuhkan dan inginkan dan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain

pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendaptkan kebutuhan  dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar suatu yang bernilai suatu sama lain.

kebutuhan keinginan dan permintaan

yang memasarkan harus berupaya untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran. kebutuhan menggambarkan tuntunan dasar manusia. kebutuhan adalah keadaan tidak memiliki kebutuhan dasar. orang yang membutuhkan makanan, udara, air, pakaian, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup.

manusia juga membutuhkan rekreasi, pendidikan, dan hibutan. kebutuhan - kebutuhan itu menjadi keinginan bila diarahkan kepada sasaran - sasaran spesifik dan mungkin dapat memenuhi kebutuhan. biasa dibilang keinginan adalah pemuas tertentu.


produk atau tawaran

produk adalah setiap tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan. produk dapat berupa barang, jasa, pengalaman, pristiwa, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, gagasan

nilai dan kepuasan

produk atau tawaran akan berhasil juka memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli/ sasaran. pembeli memilih di antara beraneka ragam tawaran mulai yang di anggap memberikan nilai yang paling banyak. nilai adalah rasio antara apa yang di dapatkan dan apa yang di berikan pelanggan. nilai juga dapat diartikan sebagai perkiraan konsumen tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya.
pelanggan mendapatkan manfaatnya dan mengeluarkan biaya. manfaat mencakup manfaat fungsional dan manfaat fungsional. biaya mancakup biaya moneter, biaya waktu, biaya energi, dan biaya fisik.

pertukaran, transaksi dan hubungan

pertukaran adalah cara untuk mendapatkan produk yang di inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya

transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. diupayakan agar transaksi dapat berjalan terus menerus.

pemasar berusaha membangun hubungan jangka panjang saling percaya, win-win dengan pelanggan, distributor, penyalur, dan pemasok yang di hargai. hal ini membentuk jaringan pemasaran dan hubungan bisnis yang handal



0 comments:

Post a Comment